Berbagi™ : pengen belajar agar menjadi yang lebih baik ( indahnya saling berbagi )

Gangguan Pada Jaringan WIFI (Wireless Fidelity)

GANGGUAN PADA JARINGAN WIFI (WIRELESS FIDELITY)

 Wi-Fi  merupakan kependekan dari Wireless Fidelity, yang memiliki pengertian yaitu komplotan standar yang digunakan untuk Jaringan Lokal Nir Kabel (Wireless Local Area Networks - WLAN), yang didasari pada spesifikasi IEEE 802.11. Standar terbaru dari spesifikasi 802.11a atau b, seperti 802.11 g, saat ini sedang dalam penyusunan.Awalnya Wi-Fi ditujukan untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), namun saat ini lebih banyak digunakan untuk mengakses internet. Hal ini memungkinan seseorang dengan komputer dengan kartu nirkabel (wireless card) atau Personal Digital Asisstant (PDA) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses (atau dikenal dengan hotspot) terdekat.

Gambar 1 : Jaringan WIFI ( Wireless Fidelity)

GANGGUAN PADA JARINGAN WIFI(WIRELESS FIDELITY)

v Jaringan Wi-Fi Tetangga
 Sumber gangguan terbesar saat ini adalah jaringan Wi-Fi tetangga. Permasalahan terletak pada, peralatan Wi-Fi paling banyak beredar beroperasi di pita 2.4GHz. Naasnya, jika Anda memakai router 2.4GHz juga, jaringan Wi-Fi tetangga dipastikan mengganggu Anda.
v Elektronik Rumah Tangga
Apakah oven microwave, telepon nirkabel, atau pengawas bayi bisa menganggu Wi-Fi? Kebanyakan masalah telepon nirkabel dan microwave adalah menggunakan pita 2.4GHz dan pengawas bayi hanya beroperasi di 900MHz dan itu tidak mengganggu Wi-Fi. Namun, beberapa pengawas nirkabel beroperasi di 2.4GHz, dan bisa mengganggu router single-band Anda.
v Perangkat Bluetooth
Perangkat Bluetooth lama bisa mengganggu jaringan Wi-Fi namun kini sudah tidak. Beberapa tahun terakhir, produsen Bluetooth dan Wi-Fi menerapkan teknik khusus guna meminimalkan gangguan.
v Manusia
Tubuh manusia sebagian besar terbuat dari air dengan persentase 45-75%, tergantung usia dan tingkat kebugaran. Air bisa menghambat kecepatan Wi-Fi. Selain itu, kelembaban bisa mempengaruhi kecepatan Wi-Fi juga.
v Pengaturan Keamanan
Pada beberapa router low-end, pengaturan keamanan bisa mempengaruhi kinerja. Beberapa tahun terakhir, WPA (Wireless Protected Access) dan protokol WPA2 menggantikan WEP (Wireless Encryption Protocol) tua dan kurang aman. Pada router murah, perbaruan ke WPA bisa sedikit menghambat kinerja.
Namun, pada perangkat yang lebih kuat umumnya memiliki hardware yang dirancang khusus untuk WPA dan enkripsi WPA2. Alhasil, protokol keamanan kuat tak memperlambat kecepatan Wi-Fi router high-end.
v Firmware Lama
Memperbarui firmware router bisa meningkatkan kinerja dan memberi satu atau dua fitur baru. Kapanpun Anda bermasalah, periksa apakah firmware Anda tak bermasalah. Terkadang, ada sedikit bug, dan produsen router mungkin telah telah memiliki perbaikannya. Saat membeli router baru, selalu periksa firmware terbarunya.
v NOISE / SINYAL PENGGANGGU
 Noise yang merupakan pengganggu yang terberat dalam dunia wifi. Noise atau interferensi adalah sesama sinyal gelombang radio juga yang beroperasi pada frekuensi, interval dan area yang sama, akibatnya device client akan mengalami error saat menerjemahkan kode informasi yang sama, ibaratnya saat kita ngobrol dengan teman kita di tempat sepi dibandingkan ngobrol di warung kopi yang ramai gelak tawa.

 Beberapa sumber noise adalah:
*Natural noise – noise dari atmosfir & galaksi.
*Manmade noise - sinyal RF yang di ambil oleh antenna. Termasuk microwave oven, telepon cordless dan indoor WiFi.
*Receiver noise – noise yang di hasilkan oleh rangkaian internal penerima.
*Interferensi dari jaringan lain – interferensi yang di sebabkan oleh jaringan Wireless lain yang bekerja pada band yang sama.
*Interferensi dari jaringan kita sendiri – terjadi jika kita menggunakan frekuensi yang sama lebih dari satu kali, menggunakan channel yang tidak mempunyai cukup jarak/spasi antar channel-nya, atau menggunakan urusan frekuensi hopping yang tidak benar.
*Interferensi dari sinyal out-of-band – di sebabkan oleh sinyal yang kuat di luar dari frekuensi band yang kita gunakan, misalnya, pemancar AM, FM atau TV, pager dan radio CB.
v  Jarak dari sumber wifi
Jarak juga termasuk dalam penyebab gangguan WIFI .Sebab apabila kita berada kita berada pada jarak yang dekat dengan sumber WIFI maka ,kecepatan transfer datanya akan semakin meningkat .Dan sebaliknya jika kita berada jauh dengan sumber WIFI ,kecepatan transfer datanya berkurang
v Kuat lemahnya sinyal yang dipancarkan oleh perangkat WIFI itu sendiri
 Hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah jaringan WIFI . Sebaiknya jika ingin membangun sebuah jaringan WIFI , menggunakan perangkat jaringan yang bagus ,supaya tidak terjadi gangguan pada saat proses pengiriman/penerimaan data.

Dari : berbagai Sumber


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

sup>

7 komentar:

  1. mengapa wifi saya g bisa conneck d tempat wirrele tertentu... sedangkan di wirreles yg lain bisa
    mohon jawaban dan bantuannya/ pleassssssssssssssssssss..........

    BalasHapus
  2. mengapa wifi saya g bisa conneck d tempat wirrele tertentu... sedangkan di wirreles yg lain bisa
    mohon jawaban dan bantuannya/ pleassssssssssssssssssss..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin di tempat wifi tersebut ada ip addresnya / passwordnya . . .sehingga harus setting ip address atau memasukkan pasword di tempat itu .:)

      Hapus
  3. wifi tetangga saya bisa langsung kedetek ama gadget saya, sedangkan wifi saya sendiri harus di add manual baru bisa konek dengan gadget saya, mohon solusinya... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena takdir...,bersabarlah, karena umat bersabar disayang tuuhan

      Hapus
  4. Gan saya mau tanya... kenapa ya Sinyal Wifi saya tiba2 melemah... pas pertama saya pasang sinyal Good dan Bar nya sampe Full 4 bar tapi beberepahari kedepan tiba2 sinyalnya melemah hingga Pair -89dbm... padahal saya ngga ganti posisi... melengkapi penjelasan di atas, saya menggunakan Modem Wifi TP-Link WN7200ND menangkap jarak 150 meter ke temen saya.. saya pasang diketinggian 10 meter dengan tiang dan di tutupi dengan paraon PVC 3".. sehingga tidak kehujanan dan kepanasan.. apa penyebabnya ya gan. mhon bantuannya gan. trimkasih

    BalasHapus