Berbagi™ : pengen belajar agar menjadi yang lebih baik ( indahnya saling berbagi )

istilah dalam jaringan komputer WAN : enkapsulasi ,routing protocol ,tabel routing dan address resolution protocol


Istilah Dalam Jaringan Komputer WAN : Enkapsulasi ,Routing Protocol ,Tabel Routing &Address Resolution Protocol

 Dalam postingan saya kali ini , saya akan menjelaskan tentang istilah-istilah yang ada di dalam jaringan komputer WAN , khususnya tentang Enkapsulasi ,Routing Protocol ,Tabel Routing &Address Resolution Protocol

OK langsung saja simak penjelasan berikut ini :


1. ENKAPSULASI
 Pengertian enkapsulasi ,enkapsulasi merupakan suatu proses yang membuat satu jenis paket data jaringan menjadi enis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protocol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protocol yang berada pada lapisan yang lebih tinggi dan meletakkan data yang di pahami oleh prorocol tersebut.
 Enkapsulasi ada 2 yaitu :
- enkapsulasi DLHC ( High Level Dataling Control )
- enkapsulasi PPP ( Point To Point Protocol )

2. ROUTING PROTOCOL
 Pengertian routing protocol, routing protocol merupakan aturan yang mempertukarkan informasi routing yang akan membentuk tabel routing. Semua ruting protocol bertujuan mencari rute tersingkat untuk mencapai tujuan.
 Routing protocol di bagi menjadi 2 yaitu :
- Interior Routing Protocol
- Exterior Routing Protocol

3. TABEL ROUTING
 Yaitu File data dalam RAM yang digunakan untuk menyimpan informasi rute tentang jaringan yang terhubung. Jika sebuah paket data telah diarahkan (routed ) maka router akan melakukan pemeriksaan table routing untuk memperoleh informasi jalur yang tepat. Router akan mencocokkan dengan alamat yang paling spesifik dalam table routing. Jika alamat tujuan pengiriman tidak ada yang cocok maka paket yang dikirim akan di buang dan kemudian sebuah pesan akan dikirimkan balik bahwa data yang dikrim di-drop karena kesalahan pengalamatan address source pengirim .

4. ADDRESS RESOLUTION PROTOCOL (ARP)
 Sebuah protocol TCP/IP protocol suite yang bertanggung jawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat MAC (Media Access Controller). Address resolution protocol ini digunakan untuk keperluan mapping IP address ke alamat Ethernet


Demikianlah penjelasan singkat mengenai istilah-istilah dalam jaringan koputer WAN . SEKIAN DAN TERIMA KASIH………


ARTIKEL MENARIK LAINNYA

sup>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar